Selasa, 11 Desember 2012



DAMAR

Sesuai dengan namaku
Memang pohonku menghasilkan damar Yang bernilai niaga tinggi
Sebagai ekspor Indonesia ke luar negeri
Nama ilmiahku Agathis dammara Termasuk suku Araucariaceae Pohonku cukup tinggi
Dengan diameter sekitar 170 senti
Sering juga aku disebut Agathis loranthifolia Tumbuhku di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi Menyebar ke Maluku dan Irian Jaya
Tumbuhku di hutan primer yang murni
Berat jenisku hanya 0,40 saja
Sehingga aku sering diawetkan dengan bahan kimia Tetapi lihatlah teras dan gubalku
Indah berwarna kuning muda
Jika kayuku telah dikeringkan Warnaku tampak coklat keemasan Ada juga yang coklat merah jambu
Sungguh indah di antara segala jenis kayu
Sebagai panil-panil di dalam rumah Aku memang indah
Sebagai finir dan rangka pintu Pilihlah aku
Sebagai kayu lapis
Aku sungguh tampak manis Sebagai alat olah raga
kayuku memang tak bercela
Dan sebagai bahan alat musik
Sebagai batang korek api
Aku balk sekali
Bagus juga sebagai potlot dan bahan kertas Apalagi untuk perabotan rumah tangga
Aku selalu dipuja!
Karya: Korrie Layun Rampan
(Pohon-pohon raksasa di rimba nusantara: kumpulan puisi anak-anak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar